top of page

Profile

Join date: Oct 3, 2022

About
0 Like Received
0 Comment Received
0 Best Answer

Museum Dirgantara Jogja, Tapak jejak Prajurit Langit Dalam Riwayat Negeri



Museum Dirgantara Jogja, atau dengan cara resmi namanya ialah Museum Dirgantara Mandala, sebuah usaha untuk memiara daya ingat riwayat. Terutamanya berkenaan beragam pesawat yang berperanan penting dan berjasa dalam revolusi kemerdekaan Indonesia.Museum ini menyengaja dibikin untuk mendokumentasikan kejadian monumental terutamanya yang terjadi di lingkungan TNI Angkatan Udara.


Museum yang awalannya ada di Jakarta awal tahun 1969 ini selanjutnya dipindah ke Yogyakarta di tanggal tahun 1978.Koleksi khusus museum sudah pasti beragam tipe Pesawat. Dimulai dari pesawat tempur sampai pesawat angkut militer, serta pesawat sipil.


Selainnya mengumpulkan pesawat, museum dengan 6 ruangan ini mengumpulkan koleksi yang lain yang terkait dengan perjalanan riwayat TNI AU.Selainnya menyaksikan beragam koleksi pesawat, rupanya pengunjung diizinkan untuk naiki beberapa pesawat.


Bahkan juga, pengunjung dapat sewa baju pilot dan berfose seperti seorang pilot professional yang menerbangkan pesawat. Dan menariknya https://www.javatravel.net/history mengatakan musium ini telah diperlengkapi dengan sarana replikasi penerbangan pesawat.


Lokasi Museum Dirgantara Jogja

Museum Dirgantara Jogja berada di Kompleks Dasar Udara Adisucipto, Jl. Kolonel Sugiyono, Karang Janbe, Banguntapan, Kec. Banguntapan, Bantul, Wilayah Spesial Yogyakarta


Museum ini berada lebih kurang 6 km arah Timur dari pusat perkotaan Yogyakarta. Museum ini awalnya ada ada di Jalan Tanah Abang Bukit, Jakarta saat sebelum berpindah ke lokasi sekarang ini di tahun 1978.


Jalur Ke arah Museum Dirgantara Jogja

Jalur ke arah Museum TNI AU lumayan gampang. Akses jalan ke arah Museum TNI AU telah bagus dan pantas untuk dilalui. Bila pergi dari pusat 0 km kota Jogjakarta ke arah timur ke arah jln raya jogja lempeng terus ke arah jl kusumanegara sampai ke perempatan ke arah utara melalui jl janti.


Setelah tiba ke pertigaan ke arah timur jalan, terus menemui perempatan utara terus jalan sampai ke menjumpai putar balik jalan. Terus turuti jalan itu karena itu pengunjung akan dibawa sampai ke Museum TNI AU.


Dalam pada itu, untuk yang akan menggunakan layanan transportasi umum dapat memakai Bis Transjogja bernomor urut 1B atau 1A. Selanjutnya turunlah di Jembatan Janti. Atau jika ingin bisa lebih cepat dapat memakai ojek atau becak.Jarak dari pusat perkotaan Yogyakarta ke Museum TNI AU tidak begitu jauh yakni sekitaran 7,6 km dan waktu pintas normal kendaraan motor dari Kota Jogja ke arah Museum TNI AU cuma sekitaran 1/2 jam.


Jam Membuka Museum Dirgantara Jogja

Museum Dirgantara Jogja membuka setipa hari sejauh minggu. Pengunjung bisa tiba ke museum start pukul 08.00 pagi sampai tutu pada pukul 16.00 pada sore hari.


Ticket Museum Dirgantara Jogja

Harga ticket untuk masuk ke Museum TNI AU lumayan murah yakni pelancong lokal atau pelancong asing cuma dikenai ongkos Rp. 3000 (perseorangan) dan Rp. 2000/orang (untuk kelompok).


Dan untuk harga ticket parkir yakni Rp. 30.000 untuk bis dan Rp. 20.000 untuk mobil kecil.


Sarana Museum Dirgantara Jogja

Sarana yang berada di Museum TNI AU telah lumayan memadai dari segi jumlah atau kualitas. Sarana umum yang ada mencakup: Masjid, Perpustakaan, Tempat parkir luas, Kantin, Kamar mandi/toilet, dan Souvenir shop.


Sekitaran museum diatur rapi dan dihias dengan Taman yang teduh dan nyaman


Daya Ambil Museum Dirgantara Jogja

1. Riwayat Museum Dirgantara Jogja

Museum Dirgantara dibangun atas dasar pendokumentasian kejadian monumental di TNI AU. Musium ini disahkan di Jl. Tanah Abang Bukit, Jakarta di tahun 1969 lalu. Tetapi selang sembilan tahun selanjutnya musium ini dipindah ke Yogyakarta.Penyeleksian kota Yogyakarta memanglah bukan tanpa ada alasan ingat kota ini dipandang sebagi pusat kehiatan dan tempat monumental lahirnya TNI AU.


Disamping itu, gedung museum di Kesatrian AKABRI Sisi udara tidak bisa memuat kembali koleksi pesawat yang semakin berkembang tiap tahunnya.Kemudian dipilihlah gedung sisa pabrik gula yang ada di Wonocatur Lanud Adisutjipto yang pernah dipakai sebagai gudang logistik pada periode penjajahan Jepang.


Seterusnya gedung ini direhabilitasi untuk selanjutnya dijadikan gedung tetap. Dan pada akhirnya gedung ini juga disahkan di tanggal 1984.


2. Koleksi Museum

Sedikitnya, museum ini mempunyai 38 koleksi pesawat baik itu pesawat tempur atau pesawat sipil. Salah satunya pesawat yang paling monumental ialah pesawat Dakota VT-CLA.Yang dahulu ditembak oleh Belanda di saat akan landing di Maguwo. FYI, pesawat ini sebagai pesawat keluaran peusahaan penerbangan punya India.


Selanjutnya, ada pula pesawat Guntei bersayap double yang pernah dipakai untuk lakukan pengeboman pertama oleh TNI AU. Dan tidak ketinggal pesawat Mustang yang dipakai untuk Operasi Permesta.Selain koleksi pesawatnya museum ini juga simpan beragam benda monumental yang lain yaitu, photo, lukisan, pertanda kehormatan, baju dinas, buku, senjata api, senjata tajam, mesin pesawat, radar, bom/roket, parasut, dan yang lain.


Dan koleksi yang sangat menarik perhatian kemungkinan diorama Satelit Palapa dan pesawat ruangan angkasa Challenger yang melambungkan pesawat itu.


3. Pengalaman Jadi Penerbang Tempur

Untuk dapat berfoto dengan keseluruhan seperti pilot yang menerbangkan pesawat tempur, pengunjung bisa sewa pakaian pilot.Pengunjung dapat berpose seperti penerbang dengan bayar Rp 20.000 per-kepala. Aktivitas ini juga disukai beberapa pelancong karena merupakan aktivitas unik yang sangat jarang.


Pengunjung bisa juga coba menerbangkan pesawat seperti seorang pilot yakni dengan replikasi pesawat P-51 Mustang.Pesawat ini ialah pesawat buru tangkap jarak jauh yang dipakai pada periode Perang Dunia ke-2 . Coba serunya saat menerbangkan pesawat merupakan pengalaman yang kemungkinan tidak dapat dijumpai di tempat wisata yang lain.


Object Rekreasi Dekat Museum Dirgantara Jogja

Sebagai pusat kebudayaan Jawa, Jogja memang sarat dengan museum. Museum yang lain harus didatangi saat berada di jogja ialah Museum Macan Jakarta.Museum ini memilki lebih dari 23 ribu benda monumental dimulai dari kelompok filologi, seni rupa, arkeologi, sampai historika. Disamping itu pada saat-saat tertentu pengunjung bisa juga melihat pagelaran wayang.Untuk yang ingin rasakan kesan bertandang ke museum yang diatur dengan benar-benar professional dan kekinian, pantas coba Ullen Sentalu.Museum ini ada di Pakem, Kaliurang. Museum menyelimpang beberapa barang monumental yang terkait dengan Kesultanan Mataram dan penerusnya.


Yakni Dimulai dari Kasunanan Surakarta, Kesultanan Yogyakarta, Praja Mangkunegaran, dan Kadipaten Pakualaman.Beberapa macam dan info tentang batik ada juga di Ullen Sentalu. Bahkan juga pengunjung bisa juga belajar bagaimana riwayat dan langkah membatik.Begitu sedikit narasi masalah Museum Dirgantara Jogja. Sebuah tempat untuk berekreasi istirahatkan jiwa, sekalian memupuk nasionalisme.


Profile: Members_Page

Claire Russell

More actions
bottom of page